Skip to main content

Studi Pengenalan Lapangan 2019


Studi Pengenalan Lapangan (SPL) merupakan program kerja wajib Himpunan Mahasiswa Biologi FMIPA Unhas Periode 2019/2020. Studi Pengenalan Lapangan (SPL) hadir sebagai kegiatan penerimaan anggota baru sekaligus pembinaan kader sesuai nilai-nilai yang termaktub dalam AD/ART serta dapat menyadarkan calon anggota bahwa alam sebagai lingkungan hidup dan sebagai laboratorium bagi mahasiswa biologi.
     SPL 2019 memiliki tema "Berproses Bersama Alam Dalam Bingkai Himbio". Bentuk kegiatan Studi Pengenalan Lapangan (SPL) 2019 terbagi menjadi tiga item yaitu, Pra SPL, SPL dan Pasca SPL.
Tujuan kegiatan SPL 2019 adalah sebagai berikut Tujuan Umum, yaitu :
1.      Mempererat hubungan kekeluargaan antara sesame anggota Himbio FMIPA Unhas serta warga KM FMIPA Unhas.
2.      Meningkatkan kapasitas kader dengan membentuk pola pikir yang cerdas, kreatif, dan cepat tanggap dalam wahana ilmiah disiplin ilmu biologi.
3.      Menghasilkan Laporan Ilmiah serta 
Sedangkan Tujuan Khusus, yaitu:
1.      Sebagai proses perekrutan anggota baru dan pembentukan karakter kader Himbio FMIPA Unhas.
2.    Memberikan pelajaran kepada kader mengenai lapangan sebagai Laboratorium Alam Mahasiswa Biologi.
3.  Mengasah kemampuan kader untuk bekerja sama dalam mengaplikasikan ilmu biologi dan mengumpulkan data di lapangan.
Pra SPL Merupakan kegiatan yang dilaksanakan di area kampus Universitas Hasanuddin sebagai kegiatan persiapan sebelum kegiatan puncak yang terdiri dari Pengumpulan, Pemberian materi, Medical checkup, Training Condition (TC) dan pembukaan. SPL 2019 dilaksanakan pada hari Jumat- Minggu, 17-19 januari 2020, bertempat di Dusun Amung, Desa Baring, Kecamatan Sigeri, Kabupaten Pangkep dengan jumlah mahasiswa baru yang ikut adalah sebanyak 51 orang, 10 orang laki-laki dan 41 orang perempuan, dimana dibagi atas 5 GB yaitu mikrobiologi, genetika, ILK, zoologi dan botani. Pada hari Sabtu 18 Januari 2019 mahasiswa baru melakukan hiking dan pengambilan data dilapangan, setiap GB memiliki pendamping dan pemateri. Data tersebut kemudian dibuat dalam bentuk Laporan dan Herbarium yang akan dipresentasikan dan di lakukan pameran foto pada kegiatan pasca SPL yang masih merupakan rangkaian dari kegiatan SPL. Kemudian pada malam puncak acara pada malam minggu, dilakukan persembahan angkatan oleh mahasiswa baru yang dilanjutkan dengan ramah tamah bersama dosen, warga serta alumni KM FMIPA Unhas.
Hiking dan pengambilan data di lapangan

Pasca SPL dilaksanakan pada hari Jumat, 7 Februari 2020 bertempat di lantai 1 gedung sains building FMIPA Unhas, Pasca SPL Merupakan kegiatan yang dilaksanakan setelah puncak kegiatan yang terdiri dari Presentasi perjalanan, presentasi laporan ilmiah, pameran foto, pembacaan SK anggota baru dan penutupan. Kegiatan SPL resmi ditutup oleh Bapak Wakil Dekan III FMIPA Unhas, Bapak Dr. Andi Ilham Latunra, M.Si.
Sambutan sekaligus menutup kegiatan SPL oleh Bapak Wakil Dekan III FMIPA Unhas, Bapak Dr. Andi Ilham Latunra, M.Si.

”SPL ini bukan hanya wadah bagi mahasiswa baru, tapi juga semua stekholder  yang ada sesuai dengan alur kaderisasi. Semoga SPL ini merupakan batu loncatan keberlangsungan roda Organisasi di Himbio dan semoga yang terlibat bisa menikmati serta memetik nilai-nilai yang ada dalam prosesnya” Ketua Umum Himbio FMIPA Unhas Periode 2019/2020.
Dokumentasi kegiatan lainnya;
Pra SPL

Latihan acara

Penerapan materi bivak


Kegaiatan SPL
Pengambilan data

Foto bersama anggota GB

Malam Ramah Tamah dan penampilan acara


Pasca SPL
Suasana kegiatan Pasca SPL

Sesi inti Pasca SPL dipandu oleh Koordinator akademik BE Himbio Fmipa Unhas, Masykur

Presentasi hasil SPL oleh Raffi Gani

Pengukuhan anggota baru Himbio FMIPA Unhas

Sesi akhir kegiatan Pasca SPL

Dokumentasi bersama pengurus, panitia dan mahasiswa baru 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

STUDI PENGENALAN LAPANGAN (SPL) 2022

STUDI PENGENALAN LAPANGAN (SPL) 2022 HIMBIO FMIPA UNHAS      Dalam sebuah organisasi  diperlukan adanya regenerasi anggota dan sebagai mahasiswa biologi sudah sepantasnya untuk sadar bahwa betapa pentingnya untuk mengenal alam sekitar, menjawab dari perihal tersebut, Himbio FMIPA Unhas kembali menyelenggarakan Studi Pengenalan Lapangan (SPL) 2022 dengan tema " Satukan Langkah Kader Himbio dalam Memaknai Alam ". Kegiatan Studi Pengenalan Lapangan merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himbio FMIPA Unhas dengan tujuan utama untuk penerimaan serta penanaman nilai-nilai kader kepada calon anggota Baru, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan seputar alam sekitar beserta nilai-nilai yang bersifat ilmiah lainnya.  Tujuan Studi Pengenalan Lapangan (SPL) 2022 - Sebagai proses perekrutan anggota baru dan pembentukan karakter kader Himbio FMIPA Unhas - Memperkenalkan Himbio FMIPA Unhas serta pengaplikasian ilmu-ilmu biologi di alam      Dalam pelak

BIOLOGY EVENT 2022

Biology Event kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) FMIPA Unhas setelah vakum selama 5 tahun. Biology Event 2022 dilaksanakan pada tanggal 27-28 Agustus 2022 itu berlangsung meriah dan diikuti oleh peserta sejumlah 170 orang yang berasal dari berbagai SMA yang tersebar di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Rangkaian acara Biology Event 2022 dilakukan selama dua hari dimulai dengan pembukaan dan seminar nasional dilanjutkan seleksi tahap I olimpiade pada hari pertama berlokasi di Baruga A.P. Pettarani Unhas. Seleksi tahap II dan item lomba yang lain dilakukan pada hari kedua secara bersamaan di Gedung Pertemuan Ilmiah Unhas dan Science Building FMIPA Unhas, terakhir acara penutupan bersamaan dengan  gala dinner  pada malam hari di Baruga Anging Mammiri Kota Makassar. Pembukaan Biology Event diisi dengan pertunjukan tarian daerah “tari padduppa bosara”, pertunjukan paduan suara, kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Raffi Gani, lalu sambutan-

#FAQ: BIOLOGY EVENT 2022

    Halo BEologist!  Berikut Kami rangkum #FAQ atau Frequently Asked Questions yang sering Sobat tanyakan pada Kami. Yuk, disimak! Q: Apakah Biology Event 2022 akan dilaksankan secara daring atau luring? A: Biology Event 2022 akan sepenuhnya diselenggarakan secara LURING ( offline ) di area Kampus Universitas Hasanuddin Tamalanrea. Q: Apakah siswa SMA/Sederajat dari luar Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Barat dapat ikut berpartisipasi sebagai peserta pada Biology Event 2022? A: Siswa dari luar Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat DAPAT ikut berpartisipasi sebagai peserta Biology Event 2022 selama masih berada di jenjang pendidikan SMA/Sederajat kelas X, XI, XII (10, 11, 12). Q: Apakah akan ada akomodasi dari pihak Panitia Biology Event 2022 untuk penginapan, transportasi dan lain sebagainya? A: Seluruh keperluan Peserta mulai dari keberangkatan, tempat tinggal, hingga kepulangan dari/ke SMA Asal Peserta menjadi TANGGUNG JAWAB PESERTA DAN PENDAMPING ITU SENDIRI. Namun dalam penyelangara